fbpx

My Journey, mencari Malaikat Penolong...

Mungkinkah itu Om dan Tante?

Halo Om, Tante, Kakak, Adik dan Semuanya…

Nama ku Kayla Dhiyaa Mutiara. Usia ku saat ini 10 tahun 4 bulan, jadi aku lahir di bulan Februari tahun 2011. 

 

Ceritaku sebelum Leukemia

Sejak lahir aku dibesarkan oleh ibuku. Ibuku melakukan tugas dengan sangat baik dalam merawat dan membesarkan aku sehingga aku tumbuh menjadi anak yang pintar. Aku sekolah di High Scope Indonesia Alfa Indah, aku senang pelajaran art dan science project. Tetapi setelah kenaikan kelas kemarin, aku berhenti sekolah dan fokus pada kesehatanku.

Ya,… fokus untuk kesehatan karena aku anak yang cukup spesial dengan urusan penyakit. Sebenarnya sejak kecil aku jarang sekali sakit, aku juga tidak takut jarum suntik.  Tetapi penyakit yang satu ini mulai muncul 3,5 tahun lalu tepatnya bulan Agustus 2017. Sejak saat itu, bisa setiap bulan aku demam tinggi dan sering masuk rumah sakit. Diagnosa dokter saat itu infeksi virus sehingga aku harus dirawat di rumah sakit. Pertama di rumah sakit Siloam Kebun Jeruk pada bulan Agustus 2017, lalu rumah sakit Hermina Daan Mogot dibulan Oktober 2017.

Desember 2017, rambutku banyak yang hilang. Rambutku mulai rapuh, setiap kupegang, pasti jatuh. Aku segera dibawa menemui dokter klinik di Jakarta Selatan. Kali ini diagnosa dokter sedikit berbeda dengan sebelumnya, dan dokter pun mulai menggunakan istilah lain untuk penyakit virus ku saat itu dengan istilah dugaan keganasan. Saat itu kami diberi pengantar untuk melakukan tes laboratorium. Aku ingat nama dokternya, Dokter Apin. Setelah hasil lab nya keluar, Dokter Apin menyegerakan kami untuk berkonsultasi ke rumah sakit yang memiliki dokter hematologi anak. Mulailah perjalanan aku dan ibu untuk berkeliling ke beberapa rumah sakit yang memiliki dokter hematologi anak.

Perjalananku Dimulai Dari Sini..

Rumah sakit pertama yang kami datangi adalah rumah sakit Hermina Jatinegara. Tetapi saat itu rumah sakit Hermina Jatinegara tidak menerima pasien BPJS. Kami segera ke rumah sakit Cipto dengan keadaanku yang sudah pucat dan lelah. Sampai di sana, aku langsung masuk melalui IGD. Mendengar riwayat demam dan hasil lab rumah sakit Cipto, aku kembali menjalani berbagai macam tes termasuk kultur urine untuk mencari kemungkinan adanya bakteri di tubuhku. Tetapi hasilnya tidak ada, dan dokter tidak menemukan penyebab lain pada demam ku kecuali adanya dugaan keganasan atau mengarah kepada anemia aplasia.

Om, Tante, penyakit ini unik dan sulit, tetapi dokter mengatakan bahwa mereka belum bisa menyimpulkan apapun sampai pengecekan lebih lanjut. Aku dirawat hampir 2 minggu di Cipto. Saat dirawat, tim dokter melakukan tindakan bone marrow untuk pengecekan pabrik sumsum tulangku. Sampai hasil BMP rumah sakit keluar, dokter mewajibkan aku untuk kontrol ke rumah sakit tiap minggu karena aku masih mengalami trombositopeni dan pansitopenia dan leukopenia.

Hasil BMP keluar dan hasilnya menunjukkan kondisi ku baik-baik saja dan tidak ditemukan keganasan apapun pada sampel yang diperiksa.

Salah satu relasi ibuku yang melihat kondisiku saat itu mereferensikan dokter anak di RS Medistra. Melalui dokter itu kami akhirnya mendapatkan referensi Dokter Anak yang baik di RS Medistra, dan horeee kami berobat gratis di sana karna dokter nya baik sekali.

Setelah membaca riwayatku, dokter itu menghubungi dokter sejawat nya di rumah sakit Cipto dan meminta agar dilakukan prosedur Bone Marrow ulang untuk memastikan lagi jenis penyakitku. Tetapi setelah dilakukan 2 x Bone Marrow di Cipto, dokter tetap tidak menemukan hal yang aneh dan memberikan kami ucapan selamat sebab aku tidak menderita penyakit yang parah, horaaayyyy, aku dan ibu bisa bernafas lega dan menerima saja mungkin memang ada virus hebat yang bersembunyi dan setidaknya untuk saat ini aku baik-baik saja.

Oh iya, selama aku sakit dan dirawat aku banyak sekali menerima transfusi darah. Terima kasih untuk om dan tante para pendonor, jasa kalian sangat banyak sekali buat ku dan juga pasien lain.

Bersyukur dengan hasil BMP yang menunjukkan bahwa tidak ada keganasan dan konsumsi obat anti virus, aku merayakan ulang tahun ku yang ke 7 dengan sedikit heboh. Aku ingat saat itu ibuku menggunakan kostum wonderwoman sesuai permintaanku. Aku senang sekali karena aku tidak sakit parah dan tidak perlu di rawat lagi. 

Waktupun berlalu, tubuhku menjadi semakin kurus.

6 April 2018, aku sedang dikamar bermain, dan aku bilang ke ibuku sepertinya ada yang aneh dengan mataku, dan tiba-tiba semua menjadi gelap. 

Rupanya aku mengalami kejang dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Kesadaranku semakin menurun dan aku harus masuk ke ICU. Aku tidak sadarkan diri.

Selama koma, dokter yang juga bingung dengan riwayat demamku akhirnya memutuskan untuk kembali melakukan berbagai macam tes. Ibuku setuju. Tidak ada pilihan lain. Dokter berpesan kepada ibuku untuk selalu kuat dan selalu siap dengan kemungkinan apapun termasuk jika aku pergi sewaktu-waktu.

Aku koma selama empat hari dan akhirnya aku kembali bangun dan melihat ibuku. Tapi suaraku hilang, aku tidak bisa berbicara normal. Lucunyaaku lupa cara menulis dan lupa berbagai macam hal. Dokter menyarankan ibuku agar aku sering diajak bicara dan tidak boleh pegang handphone meski sekedar untuk bermain. 

Hanya kertas dan alat tulis, temanku saat itu dan seperti yang aku bilang, karena aku pintar, maka aku cepat pulih dan aku juga belajar jalan kembali.

Oh iya aku lupa, berat badanku turun banyak selama sakit. Saat koma, berat ku hanya sekitar 15 kg. Karena aku tinggi, jadi terlihat sangat kurus. Setelah beberapa hari masuk keruang perawatan, hasil BMP ku yang baru pun keluar.  Dokter Endah bilang aku sakit leukemia tipe ALL, Acute Lymphoblastic Leukemia. Dan saat ini di Indonesia, harapan kesembuhan untuk leukemia itu sangat baik yaitu di 70%. Horeee, akhirnya penyakit ku ketahuan dan aku punya harapan untuk sembuh. Aku dan ibu pun bersyukur, akhirnya pintu kami terbuka dan aku bisa segera pengobatan.

Penghuni Ruang Anggrek..

Aku pun segera menjadi penghuni ruang Anggrek. Ya, rumah sakit Harapan Kita menamai ruang perawatannya dengan nama-nama bunga. Ada Teratai, Anggrek, Seruni dan ada banyak lagi lainnya. Aku di ruang Anggrek, banyak anak-anak pasien kanker di sini, tidak hanya leukemia, tetapi juga penyakit serius lainnya.

Ternyata penyakit leukemia ini banyak sekali jenisnya. Untuk penyakitku ini, tidak menggunakan istilah stadium, hanya ALL resiko standard. Ada juga yang resiko tinggi. Dan juga ada jenis AML, yang menurut dokter lebih sulit untuk disembuhkan. Aku mengikuti protokol kemoterapi dirumah sakit Harapan Kita untuk kategori standard risk. Fase kemoterapi yang aku lalui ada 4, mulai dari fase induksi, fase konsolidasi, dan fase maintenance dan aku melaluinya selama 2 tahun. Selama itu juga aku ditemani Guardian of Cancer, The Savior. Mereka adalah Dokter Anggi, Dokter Hermien, Dokter Fajar dan Dokter Dina. 

Selama mengikuti kemoterapi, Aku membaik, rambutku tidak rontok separah dulu. Tapi itu hanya bertahan sebentar, rambutku Kembali rontok saat aku masuk di fase maintenance, April 2019.

Tapi Aku termasuk yang unik lho, karena rambutku telat rontok, sementara teman-teman yang lain banyak yang rontok di awal fase. Ketika rontok yang kedua, aku memilih untuk potong habis rambut ku dan aku ke sekolah menggunakan penutup rambut. 

Selama kemoterapi, yang banyak berubah adalah mood ku. Kata ibu, mood ku sering swing, aku sering mendadak sedih dan sangat sensitif. Selain itu, wajahku juga jadi lebih bulat dan perut ku besar karena selera makanku yang tinggi. Aku merasa sedih karna aku merasa jelek kalau aku gendut.

Tapi ibu bilang, aku tidak perlu berkecil hati, bersedih atau baper. Tugasku adalah bahagia dan melakukan apa saja yang membuat hatiku senang.

1 Tahun Yang Menyenangkan

May 2020, tepat 2 tahun aku mengikuti protokol kemoterapi, dan tiba saatnya evaluasi raport di Anggrek, aku sangat semangat meski saat itu Jakarta sedang dilanda pandemi covid-19 yang membuat aku dan ibu jadi ketar-ketir di rumah sakit. Rumah sakit sangat sepi, hanya aku dan beberapa teman sesama penghuni anggrek yang tetap rajin ke rumah sakit. Tidak ada pilihan lain kan. Aku pun semangat menjalani BMP dan tidak sabar menunggu hasil nya.  

Tradaaaa…… akhirnya hasil yang ditunggu pun tiba. Hasil BMP ku baik dan sel kanker ku turun menjadi 0,5%. Dokter bilang aku remisi dan aku perlu kontrol rutin setiap bulan dan kalau hasilnya tetap baik, aku akan kontrol per 3 bulan. 

Selama kontrol, aku selalu di periksa darah rutin untuk melihat apakah ada pemburukan yang drastis baik dari hb, leukosit atau trombosit. Kalo * nya sedikit aku senang, tetapi jika * di hasil lab ku banyak, aku menjadi sedikit tidak nyaman. Selama kontrol, hasil labku selalu baik. Akupun berhenti minum obat di November 2020 dan mulai kontrol per 3 bulan sekali.

Di fase ini, ibu dan aku mempertimbangkan untuk pulang ke kampung halaman ibuku dan aku bisa bersekolah disana. Aku setuju karena disana banyak pantai dan aku suka ke pantai.

Maret 2021kami terbang ke pangkal pinang. Aku senang karena bisa bermain diluar rumah. Selain itu, aku juga senang karena untuk pertama kalinya aku akan belajar berpuasa di tahun ini. Kata ibu, aku harus bersungguh-sungguh dalam berpuasa tapi tetap bertahap supaya tidak kaget. Tapi ternyata puasa itu bikin lapar yaaku jadi cepat lelah karena tidak bisa minum seharian. Meski begitu aku bisa berpuasa sebanyak 5 hari lho.

Di Pertengahan puasa aku sakit, aku demam (lagi) dan ibuku memanggil layanan laboratorium kerumah. Setelah diperiksatrombositku turun drastis dan langsung dibawa ke rumah sakit Siloam Hospital Bangka. Disana aku dirawat oleh dokter Irna Chandra. Dokternya baik dan sangat teliti. Ibu pun bercerita tentang riwayat sakit ku yang unik itu. Dokter bilang, kemungkinan aku terkena DBD karena gejala nya mirip dengan DBD, tapi dokter tetap akan waspada untuk melihat apakah kemungkinan sakitku kali ini berhubungan dengan penyakit lamaku.

Seminggu sebelum lebaran aku boleh pulang karena trombositku sudah mulai naik dan kembali kontrol seminggu lagiTapi saat control, trombositku drop, kami harus Kembali ke Jakarta untuk pengecekan lebih lanjut. 

27 May 2021Kami kembali ke rumah sakit Harapan Kita dan Guardian of Cancer (Dokter Dina) pun segera melakukan BMP ulang. Hasil BMP tidak bisa cepat, kami harus menunggu. Aku berharap aku cuma kelelahan dan sakitku tidak kembali.

Fight Till Our Last Breath

“Tidak ada yang dapat merubah nasib kita kecuali kita sendiri”

7 Juni 2021, jadwal kontrol ke tim dokter, dan ambil hasil BMP. Dari hasil BMP, kankerku kembaliSetahun setelah remisi, kanker ku balik lagi, istilah kedokterannya aku relapsed. Sel kankerku kembali dengan blast 65%. 

Pernah denger kalo kanker itu unik, seperti punya pola pikirnya sendiri. Kanker itu suka-suka. Seperti yang sekarang aku alami. Aku bingung harus gimana sama kankerku. Kalo ketemu, aku mau bilang tolong jangan bersarang di tubuhku, aku mau sehat”. Sekarang aku sudah besar, aku bisa googling sendiri penyakitku dan dari artikel yang aku baca, banyak pasien leukemia memiliki harapan hidup lebih tinggi dengan melakukan Bone Marrow Transplant. Aku ingin sehat dan ingin bersama ibuku.

Tapi kata dokter, di Indonesia belum ada rumah sakit yang bisa melakukan bone marrow transplant. Aku berdoa semoga Presiden Joko Widodo dan juga kementerian kesehatan dan para dokter bisa memberikan prioritas pada sektor kesehatan agar Indonesia bisa segera memiliki rumah sakit yang dapat melakukan hal ini. Agar kami pasien leukemia, dan pasien-pasien penyakit serius lain nya memiliki harapan hidup lebih tinggi di negeri kami sendiri. Dan tidak harus keluar negeri untuk berobat.

Ibuku telah mencari informasi rumah sakit di negara-negara lain seperti Thailand, Singapore, Malaysia, Jepang, Taiwan, China dan India. Aku mau berobat ke China, tapi harganya sangat mahal, meskipun di China sedang dilakukan clinical trial, tapi kami tetap harus membayar sebesar USD $220.000. Sementara di Thailand biayanya sekitar 5.000.000 Baht. 

Dari beberapa kuotation yang diterima ibuku, kami memutuskan untuk berobat ke Rumah Sakit Indraprasta Apollo Hospital Delhi di India, agar aku bisa ditangani segera. Tapi aku khawatir karena ibuku tidak punya cukup dana untuk membiayaiku disana. Selama pandemi ini saja kami hidup dari tabungan ibu dan jualan makanan kecil-kecilan. Dan untuk pengobatanku di India, ibu berencana untuk menjual rumah kami.

Sebenarnya ibuku sudah menghubungi beberapa yayasan kanker yang ada di Jakarta, mulai dari YKAKI, Yayasan Tzu Chi Indonesia, Pita Kuning, Yayasan Onkologi Anak Indonesia, YKAI  tapi semuanya tidak dapat memberikan bantuan pengobatan keluar negeri. Mungkin menurut mereka jika memilih berobat keluar negeri, sudah dikategorikan mampu dan tidak perlu bantuan atau mungkin ada alasan lainnya. Tetapi kami memilih berobat keluar negeri karna di Indonesia tidak bisa melakukan transplant sumsum tulang. Oh iya informasi mengenai penyakit ku bisa di cari di Google. Cukup ketik saja Acute Lymphoblastic Leukemia. Ada banyak sekali informasi mengenai penyakit ini.

Om, tante, melalui tulisan ini, aku mencoba mengetuk pintu hati om dan tante agar mau membantuku berobat ke India. Bagi ibuku, akulah satu-satunya harapan yang ia miliki di dunia. Aku ingin berjuang hingga titik darah penghabisan sampai Tuhan menentukan nasibku. Aku mungkin bukan anak orang penting dan aku juga bukan orang terkenal. Tapi semoga kelak jika Tuhan memberiku umur, aku bisa melakukan hal yang sama dan melakukan perubahan bagi pejuang kanker sepertiku.

Saat ini untuk biaya pengobatan di India membutuhkan biaya USD $85.000 (mulai dari analisa, targetted therapy dan BMT) dan tidak termasuk biaya lain-lain, biaya akomodasi atau biaya extra jika terjadi komplikasi atau hal lain yang tidak diinginkan. 

Saat ini ibu sedang mempersiapkan keberangkatan kami ke India. Aku berharap aku kuat, sehingga tidak ada komplikasi apapun selama aku berobat di India. Sekarang, aku sedang mencari donor untuk bone marrow. Semoga kami bisa berangkat Akhir Agustus 2021

Untuk om dan tante yang berbaik hati memberikan bantuan untuk pengobatanku, bantuan/donasi dapat dikirimkan melalui form di bawah ya..

(Untuk donasi dari luar Indonesia dapat menggunakan link Paypal berikut ini):

Konfirmasi Donasi Bantuan untuk Kayla

Mencari malaikat penolong untuk melawan Acute Lymphoblastic Leukemia


Donasi bisa disalurkan melalui transfer ke rekeningku Bank BCA Cabang Jelambar an KAYLA DHIYAA M QQ SRI AR acc no 488-0187-291

Terimakasih telah berkenan membaca ceritaku. Semoga om dan tante selalu selalu sehat dan dilindungi Tuhan serta jauh dari segala macam penyakit yang berbahaya.

Doakan Aku sembuh ya Om, Tante..

 

 

Jakarta, 25 Juni 2021

Kayla Dhiyaa Mutiara

Lembar Malaikat Penolong

Nama MalaikatJumlah Donasi
LIDYA SIBARANIRp 1.000.000
ISYA YUSRILYAHYARp 1.000.000
SUNARDI SETIAWANRp 200.000
GUSTIANTORp 500.000
WIJATHANY PURNAMIRp 50.000
RIKA OKTINARp 200.000
YENIE RAHARDJARp 2.000.000
MARLIANARp 5.000.000
JANIERp 1.000.000
HERLIJANTIRp 2.000.000
RIBKAH MARYANI Rp 200.000
IVANA HELGARp 500.000
NURJANAHRp 500.000
LISAWATIRp 1.000.000
VIRNA PRISRp 1.000.000
MELIANA MAKMURRp 300.000
AMELIA WIDJAJARp 500.000
CHAHYAWATI SOETOPORp 500.000
ANDI TERAHADYRp 200.000
OLLY RATNA MURNIRp 500.000
ELIZABETH CLARISSARp 500.000
MARTIN OCTAVIANUSRp 300.000
ION SUTRIPUTRARp 5.000.000
MULYONORp 100.000
MELIANA MAKMURRp 500.000
HERAWATY KARNADIRp 500.000
IRENERp 100.000
OKI SUSANTIRp 200.000
CYNTHIA HALIMRp 500.000
LHO OLIVIARp 200.000
ADRIANI LEONARDIRp 1.000.000
NANDA PRADIPTARp 1.000.000
LITA SUTIONORp 500.000
FELICIA ALIMRp 10.000.000
CITRA DEWI UTAMIRp 1.000.000
EKA ARISTIANIRp 1.000.000
ANI MARDIANIRp 1.000.000
DIAMAN SARAGIHRp 1.000.000
JENNY RADJALIRp 500.001
ADYANTA YOGARp 100.000
NELLYRp 200.000
LIAUW EUNIKERp 500.000
TAN HENNYRp 500.000
OKTAVIANIRp 500.000
DIAN YUNI ASTUTIRp 500.000
DEWI UTARIRp 1.000.000
VERA SYARKAWIRp 500.000
TITI OKTARINARp 3.000.000
RAISYA RESWINDAYURp 250.000
SO YOCELYNRp 200.000
EVY SERp 300.000
BONG ALEXANDER Rp 1.000.000
DYAH KUSYANTIRp 500.000
EVIE GLORIARp 200.000
SURYANI SUSANTIRp 200.000
MELYANA SUSIANTIRp 300.000
TISHA SOPHY PATTIRp 500.000
MERGUN SUHARSORp 1.000.000
IDA ROSYADAHRp 1.000.000
TUTY DAMAYANTIRp 200.000
SARTIKA EWIRp 500.000
EVA ZHORIFAHRp 1.000.000
LILI KOSASIHRp 100.000
SARTONO PANGRp 200.000
RONGGUR OCTAVIANUS Rp 300.000
DENNY SONNY GEUSTRp 1.500.000
ANDREW WIDJAJARp 200.000
JATMIKO YASIERRp 2.500.000
KENNY JUNIUS WRp 300.000
BUANA MEDIA TEKNORp 100.000
VOILA PARAMITARp 200.000
ADELINE AUDREYLIARp 500.000
100262813145xxxxxRp 500.000
FIRSTIALANI MEIFARRp 50.000
MURNI DIAN SARIRp 50.000
VANNY SUDIRJORp 2.000.000
YUDI WIRAWAN Rp 100.000
FIERLY ASWITHYRp 250.000
TIA SETIAWARDHANIRp 1.000.000
ADINDHA KHAIRUNNISARp 300.000
YENNYRp 2.000.000
ARI ELKASARIRp 75.000
SHANNY RIZDA SEPANRp 300.000
RIENTHA WIRASTANTIRp 250.000
DIANA PERMATA SARIRp 1.000.000
ADELIARp 350.000
IRWAN SANTOSORp 100.000
RONNY TANIDJAYARp 500.000
FRISO PALILINGANRp 1.000.000
NURHADI IRWANRp 1.000.000
LUCIA INTI TANIARRp 200.000
081763xxxxxRp 2.000.000
HENGKY WIJAYARp 500.000
BASUKI Rp 3.000.000
PETRONILLA DELLA Rp 500.000
LITA SETIAWATI SOERp 200.000
ADIGUNA WIJAYARp 50.000
EDYSIANRp 1.000.000
JATMIKO YASIERRp 1.000.000
INDAHYANIRp 2.000.000
ARCHICCO GUILIANNORp 150.000
CHRISTINA SAPUTRARp 1.000.000
MELIANA MAKMURRp 500.000
AMAN WAHYUDIRp 100.000
LISTYANI DANISWARIRp 4.000.000
DIANA NOVIARTIRp 1.000.000
NIKEN YURIVIKARp 1.000.000
INDRA CIPTRA TANJAYRp 200.000
JULYA SURTIHARDIRp 1.000.000
ANDREA ALBERT STEFRp 100.000
RIZKIANSYAH SHRp 100.000
BASANI HUTAURUK DRRp 300.000
TOMZON PANGOLOIPARp 50.000
DEWI CATUR MAHARANIRp 100.000
RIZKO RADITYARp 2.500.000
VERA REGINARp 50.000
VERA PRATIWI KOMARRp 150.000
YUDI WIRAWANRp 200.000
LELLY ANDRIASANTIRp 100.000
ANISATUL MUNAWAROHRp 50.000
YOP SANTI ACHADIJANTIRp 2.000.000
AYU MELISARp 50.000
PURNAMAWATIRp 1.500.000
STEPHANIE FEDORARp 200.000
RIKA TABETARp 200.000
RINALDI ALEXANDERRp 100.000
INDRIYANIRp 300.000
FELISIA Rp 100.000
YUTI RESANIRp 500.000
MIRANTI PRATIWI Rp 1.000.000
NETTY ARIEFRp 500.000
MARIA ANGELA ALVINRp 100.000
HARIANTO GUSTJIKRp 100.000
DANTI PERTIWIRp 500.000
FYRELSIA HALIMRp 300.000
LAUW INGGRID LEKSORp 1.000.000
ARIDIASTRIRp 250.000
POPPY AGUS HANDAYARp 2.400.000
VERA HERDIANTI TANRp 500.000
GUSTI AYU PUTURp 200.000
DIANTIKARp 1.500.000
NURUL AMBARWATIRp 1.500.000
SILFIANA YUNUSRp 3.000.000
ERNI CHAIRANYRp 50.000
AYAHANDAYANI KRp 500.000
POPPY AGUS HANDAYARp 500.000
NINDYA PRASETYORp 50.000
SANNY CHANDRA WIJARp 250.000
DEVI YOSITARp 500.000
YUNITA ELYAWATIRp 100.000
RICHARD YAPSUNTORp 1.000.000
LANNY BUDIMANRp 1.000.000
AUGUSTO HUTAPEARp 1.000.000
NOVIANAHRp 500.000
M NURMATTIAS P ILLYRp 150.000
VENTY JONATHANRp 2.000.000
LIEVONNIE SUNARSARp 500.000
EVI OKTAVIANIRp 75.000
ARINA MUTIARA FATIRp 2.000.000
NICHOLAS PANGESTURp 500.000
SONDANG SAKTIONRp 300.000
FUYANTI (JOVITA DAN VINCENT HSAI)Rp 1.000.000
NOVITA RATNA SARIRp 500.000
NOVITA RATNA SARIRp 300.000
FELICE DECENNA JENNY TALABRp 1.000.000
NOVITA RATNASARIRp 250.000
LUSI ARISANDIRp 250.000
IBU GUSTI AYURp 500.000
I GUSTI AYU CHINTINEWRp 500.000
SALWATI AGUSTINARp 3.000.000
WURY HANDAYANIRp 500.000
MERVIN YULITA (FLYNN)Rp 200.000
KEVIN KHINARDY LIA (PITLING)Rp 250.000
SENTRIJANTO DRSRp 1.000.000
GIRI SAFARI EKA PURp 150.000
DESAK K KUTHA AGUSRp 2.500.000
JIMMY SUTOMI KARNARp 3.000.000
JONIRp 300.000
STEFANUS OPE TOLOKRp 25.000
SUSI KRISTINERp 50.000
WINDA NOVELYA SINARp 100.000
IZANA ANGGRIANIRp 200.000
HARIYANTORp 100.000
MUNI RELA SANTIRp 500.000
EDY KURNIAWANRp 75.000
BELLINA AYU PERDANRp 100.000
INGE DELINA RUSLANRp 1.000.000
KHIUN FUN KPO MASRp 300.000
AMELIA AGUSTINA SORp 1.000.000
I GEDE SUARBAWA PURp 10.000
KUSUMA CITRA RETNO Rp 500.000
B TRIYANTI DRARp 500.000
RIZERIA ROSJANTI SRp 200.000
MUSDAH MULIA PROFRp 1.000.000
SANI RUSANIRp 1.000.000
ERNYWATIRp 250.000
SUSANTIRp 250.000
IDA RIYANI (AUDREY 45C)Rp 800.000
FRIDA HERAWATIRp 1.000.000
MANISAHRp 100.000
OVORp 100.000
MAJA ROSITA JOHANNRp 500.000
1055181Rp 100.000
FERLI ANDINARp 500.000
LHO OLIVIARp 300.000
YULIS KAWANIRp 50.000
LENNYRp 100.000
YOHANNARp 100.000
CHYNTIA DEWI Rp 1.000.000
CYNTHIA HALIMRp 500.000
FENNY YULIANARp 50.000
IMELDA SUNANTO Rp 250.000
VERA YULIANARp 3.000.000
YUCENTIRp 200.000
ELFIE LIANYRp 200.000
SANTI SUTISNARp 100.000
PAVITA HALIM LIERp 2.000.000
RAHMADANIE MILANG BAWANERp 500.000
NANIES NURAINI HERRp 100.000
LEONARD CHANDRARp 500.000
LIM SIAUW HUNRp 500.000
FANNYRp 300.000
PUTERA WILLIAMRp 500.000
LILY TANUTAMARp 300.000
DONI TANUTAMARp 300.000
EVA SURYANARp 10.000
LENNYRp 200.000
SEBASTIAN RITAWATIRp 500.000
YENI RIYANI MARYAMRp 200.000
OVORp 500.000
EVIE DESIYANTIRp 500.000
DESTY IMANIARRp 1.000.000
IMAM YULIJANTORp 2.000.000
LAY LEWIKRp 200.000
EDWIN SANTOSORp 2.000.000
ZULKARNAINRp 1.000.000
ROBERTUS PAWANGSIDHRp 200.000
ROMAIDA ROTUARp 200.000
ALTO NETWORKRp 300.000
FRIADIRp 150.000
IMELDARp 50.000
BETSI ASTI WIJAYANRp 100.000
BUDIMAN PARDEDERp 250.000
MARYNA WUNADIRp 100.000
HENNY GUNAWANRp 200.000
INDRA YUWONORp 1.000.000
YUNIE YANANRp 300.000
CATHARINA PIETERZRp 1.000.000
HERAWATIRp 100.000
DIAH PUSPITA MARTIRp 150.000
NIA YOGA ERMINARp 500.000
LINA THERESIA Rp 1.500.000
DOLSIWATI DANAJAYARp 500.000
LINAWATIRp 500.000
YESINTA AMALIA IKARp 1.000.000
WIJATHANY PURNAMIRp 50.000
TYA KARLITA ARINDIRp 1.000.000
CHICHA ADMAJARp 500.000
FARIAHTYRp 300.000
MARVIN RUBENRp 200.000
THERESIA TASLIMRp 500.000
RELLI DORA DEPARIRp 50.000
YUANES MARIYA V GRp 100.000
SARMINAHRp 50.000
JOHAN TIMPORORp 100.000
NOVITA DEWI MULIARp 500.000
IKA RINA F SITINJARp 100.000
SELVI NOVITA SARIRp 30.000
NO NAME Rp 176.800
YULI EVI M SIMATUPRp 150.000
CHRISTINE FRANSISCRp 100.000
ANDRIAS SUTRISNORp 200.000
KELUARGA CILILINRp 1.000.000
NO NAMERp 100.000
DIAH INDRAWATIRp 500.000
WISI SURJANTIRp 500.000
VANNY SUDIRJORp 3.000.000
MERISA NIKORp 200.000
LISSA THEJA AL THERp 300.000
BENI ADI SANTOSORp 400.000
SRI ISMINATUNRp 500.000
YULIANARp 500.000
MADE DIAN KURNIANIRp 500.000
I NYOMAN ARNAWA Rp 50.000
HORI SRIMIJATIRp 250.000
RENNY SOFWANRp 1.000.000
MONALISARp 1.000.008
TONYRp 50.000
FRANSISKA NOVIANARp 300.000
PUSPIDA AS SIAHAANRp 200.000
ERNIYANIRp 100.000
RICHARD TUBAGUSRp 250.000
YUSNIANTIRp 500.000
LANIAWATI S MATITARp 500.000
IWAN TANUWIDJAJARp 1.000.000
YULIANTO KARTONORp 22.000.000
SUYOTO HONGGORp 2.000.000
PURY TIRTARp 300.000
HAOW SISKA MEILIANRp 1.000.000
KARTIKA PUTRI CAHYRp 100.000
ELISABETH AGNESRp 1.000.000
THERESIA TRI AYUDYRp 500.000
ROSELANYRp 2.000.000
YENI SURIANIRp 1.000.000
SURYATIRp 200.000
SURYATIRp 200.000
MELIANARp 50.000
SURYANIRp 200.000
HENDRAWATI MARLIANARp 1.000.000
IRIANTI PUJIRp 200.000
BONG JUN HIUNRp 100.000
RIKA AFRIANARp 1.500.000
ALIYAH FEBRIANTI KELUARGA PANTI ASUHANRp 1.000.000
SONYA ANGGRENI FABRp 300.000
HILTON LIERp 500.000
YENNY TJONGRp 150.000
ADI SAPUTRARp 10.000.000
SUHARSO ISDYRp 2.000.000
WONG IN TERp 200.000
TJHEN IMELDA TANUMRp 200.000
SUGIH CAHYANARp 2.000.000
YAYU WAHYU EZALIARp 5.000.000
YANTI AGUSTINI HADI WIRYANTORp 100.000
TRI RUNASTI AGUS DRp 500.000
RIKA VERONIKARp 500.000
BAGINDA SAUMARRp 500.000
LESLIE BENYA CHANDSRp 100.000
JAZZY YUTI RESANIRp 200.000
LENA VIRIANA TANRp 50.000
IRENE HADIPRODJORp 500.000
YULITARp 200.000
LINA T OR JAYA KUSRp 100.000
ERLINA LAY FRED Rp 500.000
OVORp 200.000
TJHIN NOVITARp 250.000
CHRISTINE ALIRp 500.000
RYAN PATRICK DARIURp 300.000
VERA SYARKAWIRp 500.000
WINARTI DJOJOPRANORp 500.000
YOSEP SERp 100.000
GLORIA KRISTINA AROMRp 200.000
YANITA GUNAWANRp 200.000
SUNOARRp 150.000
DANIEL CH SIBARANIRp 2.000.000
OEY JIMMY GAUTAMARp 500.000
WILLY MARINGKARp 155.555
CHRISTINE ALIRp 500.000
DEBY SORAYARp 200.000
PANCAWATIRp 100.000
VIVI TJENDRARp 30.000
VONNY MARCHELINA TRp 500.000
ELIYANTI ENGGONORp 500.000
MADYANA MULIA KUSNRp 300.000
LHO OLIVIARp 200.000
ADRIAN TEGUH SANTORp 500.000
HATIM TAUFIK ARISTRp 100.000
RONAL WIJAYARp 1.000.000
ERWI SUNARTIRp 200.000
HIU BUN FONGRp 2.000.000
AI MINGRp 250.000
DIAN PUSPASARIRp 100.000
ANDINI MBPERSONRp 500.000
NOPIA ARIANSAHRp 100.000
RAHMI JUWITARp 200.000
H FARIAHTYRp 100.000
JOSEPH SATRIA SUSIRp 200.000
UMAR FADLI SUYATARp 706.082
MANAEK HALOMOAN MARp 500.000
EILEEN A ADITIAWARRp 1.000.000
ANNISA NUR FITRIARp 100.000
HILDA INDIRA SURYARp 500.000
ENGNIE MUKRIRp 250.000
MARTALENA TRISNORp 1.000.000
ADHE LASMA DEWI MONIKARp 70.001
LUCIA TRI FELLARp 100.000
DRG RINARp 2.000.000
SYLVIA ELIZABETH RRp 300.000
FARIDA EVAWANIRp 200.000
LILIANARp 1.000.000
LIEVONIE SUNARSARp 500.000
AAN JUHANARp 150.000
HENI RAYHANI YUSUFRp 250.000
ANNISA APRILRp 200.000
DOMPET ANAK BANGSARp 200.000
NIA KURNIASIHRp 200.000
JESCONIAHRp 300.000
JANICE SUHARTONORp 50.000
MAGDALENA LUBIS BARp 1.000.000
YUTI RESANIRp 200.000
MELYANA HKRp 250.000
LIM SAN NIERp 100.000
JACOB GIRI SAFARIRp 2.707.400
ANDETA KEMAS HADANIRp 1.000.000
MARZUMIRp 1.000.000
YUTI RESANIRp 100.000
VINIA SETYA DEWIRp 200.000
JESCONIAHRp 500.000
MILA SARIRp 300.000
MADE TASYA NUARTARp 1.000.000
TRI OCTAVIARp 75.000
DAVIDRp 300.008
FRANSISKA ARGA BHURp 200.000
KIKI NOVITARp 100.000
SETORAN TUNAIRp 2.000.000
YULIANTO KARTONORp 11.000.000
EFFENDYRp 100.000
CYNTHIARp 200.000
LISA SETIA PUTRARp 100.000
AI LANRp 200.000
YUNITA NOVIANARp 200.000
DARWINRp 200.000
ENDAH TYASPUJI SRp 500.000
WANISTRI SANGGITARp 10.000.000
TRISNO YUSTANTORp 2.000.000
Update 19 September 2021

Kekurangan Biaya
Rp 370.179.963

Donasi Malaikat Penolong terkumpul Rp 313.548.155
Donasi Kitabisa.com Rp 945.290.629
Potongan Iklan dan Administrasi Kitabisa.com (Rp 152.868.747)

Total Donasi Terkumpul Rp 1.105.970.037
Kebutuhan Biaya Transplant
(Termasuk komplikasi sebelum pre transplant, Pre dan Post Transplant)
Rp 1.476.150.000